Kamis, 27 Februari 2014

Proses Transfer Domain ID (Pandi)

Beberapa pelajaran yg telah saya dapatkan ketika bekerja di salah satu perusahaan domain dan hosting di Yogyakarta mengenai proses transfer domain dari Pandi ke regristrar baru. Karena memang saat ini pandi menggunakan 11 mitra kepercayaannya untuk mengelola domain reseller-reseller lama dan reseller-reseller baru.
Untuk proses transfer domain, secara standard transfer akan berlangsung selama 5 hari kerja. Prosesnya kira - kira begini :

1. Registrar mengirimkan request transfer ke server PANDI,
2. Sistem akan memprosesnya dan merubah status domain menjadi Pending Transfer,
3. Secara otomatis tanpa intervensi approval manual dari Registrar lama, transfer akan diproses oleh sistem dalam waktu 5 hari jika tidak ada penolakan dari Regitrar lama (PANDI) yang artinya begini :
- Jika Registrar lama (PANDI) melakukan penolakan, maka transfer akan gagal;
- Jika Registrar lama (PANDI) melakukan approval, maka domain akan langsung tertransfer ke Registrar  baru;
- Jika Registrar lama (PANDI) tidak melakukan apapun, maka dalam 5 hari domain akan ditransfer.
Regristar baru tidak pernah bisa menjanjikan kapan domain tertransfer karena PANDI juga tidak selalunya "bisa" melakukan approval manual.

Domain yg ditransfer dari pandi ke regristar lama atau reseller dari regristar lama dikenakan biaya minimal perpanjangan domain satu tahun. Apabila domain yg sudah tidak aktif lagi dan anda lupa memperpanjang domain anda, maka domain anda bisa jadi masuk Redemption Period, lalu masuk ke masa pending delet dan setelah itu bisa didaftarkan lagi oleh siapapun juga. 
Gambaran pending delete transfer domain, pending delete redemption -30, pending delete 7 hari. setelah melewati masa pending delete, dapat anda beli lagi dengan pembelian domain baru. Domain pending delete dikarenakan siklus domain, setelah masa renewal, masuk pending delete, redemption ada denda 4 kali, pending delete 7 hari terakhir sudah tidak bisa direstore.

Redemption Period artinya Periode Penebusan, dimana pemilik nama domain masih diberi kesempatan untuk memperpanjang domainnya. Namun biaya penebusan tersebut tidak sama dengan biaya normal perpanjangan. Biayanya 4 kali lipat. Ini sesuai dengan ketentuan pengelolaan nama domain yang berlaku. Setelah masa redemption period tersebut habis maka domain Anda akan masuk masa pending delete selama 7 hari. Pada masa ini domain sudah tidak bisa diperpanjang sama sekali. Setelah pending delete berakhir, maka domain akan bisa didaftarkan ulang dan tersedia untuk umum. Siapapun bisa memiliki domain itu.
Adanya redemption period tersebut dimaksudkan untuk memberi kesempatan hanya kepada pemilik domain sebelumnya untuk memperpanjang domain.
Setelah masa berlaku domain Anda berakhir, maka akan masuk : 45 hari (Auto Renew) + 30 hari (Redemption Period) + 7 hari (Pending Delete). Jadi totalnya 82 hari setelah expired baru bisa didaftarkan oleh siapapun juga.

Untuk mengetahui status domain, dapat anda cek di: WHOIS.
Ataupun beberapa nama domain yg diblacklist/tidak dapat didaftarkan: DOMAIN BLACKLIST.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghujamlah!